10 Desember 2010

Proses Seorang Manusia Menjadi Dewasa

Andai kita terus berkomunikasi
Andai kita sanggup membuka hati
Andai kita mampu saling memahami
Andai kita saling peduli
Tidak ada masalah yang akan benar-benar menjadi masalah. Semua masalah pasti bisa diselesaikan.

Peran manusia sebagai makhlul sosial membuat ia membutuhkan sebuah lingkungan atau kelompok untuk meningkatkan aktualisasi diri. Baik itu, berupa sebuah tim kerja, kelas di kuliah, organisasi atau bahkan keluarga kita sendiri. Semua itu adalah sebuah kelompok yang menuntut kita untuk bisa berinteraksi dengan orang-orang yang ada didalamnya.

Bukan hidup jika tanpa masalah

Perbedaan karakteristik dan sifat masing-masing dalam kelompok, kerap menimbulkan masalah satu dengan yang lainnya. Dan masalah akan menjadi benar-benar masalah ketika tidak ada "komunikasi". Jika komunikasi sudah dibangun hal yang harus dimilki adalah saling "membuka hati" untuk menerima pendapat dan krikitakn yang lain.

Disaat dua kunci itu sudah tercapapai akan timbul saling “memahami” yang kemudian berefek pada “rasa kepedulian” antar sesama anggota dalam kelompok tersebut.

Itu 4 kunci utama agar terciptanya sebuah team work yang bagus, kuatnya sebuah ukhuwah dan eratnya silaturrahim, yang hari ini saya pahami dan pelajari dari pengalaman berkumpul dengan sahabat-sahabat saya yang luar biasa.

Sangat indah ternyata, jika kita bisa saling memahami keadaan satu dan lainnya. Ada banyak ilmu yang bisa kita ambil dari karakter dan sifat masing – masing. Mungkin ada hal lain yang  tidak ketahui selama ini, yang ternyata  teman – teman kita sedang rasakan. Sehingga sering menyebabkan prasangka buruk yang berefek pada sebuah masalah.

Bagaimana keadaan hati kita, menentukan, bagaimana hubungan kita dengan teman – teman yang lain.
Bagaimana keadaan hati kita, sangat menentukan  selesai atau tidak nya masalah tersebut.
Bagaimana keadaan hati kita, akan berefek pada kondisi kelompok / teamwork / ataupun organisasi itu.

Ketika hati ini bisa kita hamparkan seluas samudera, kritikan dan saran dari seorang teman akan dengan senang hati kita terima. Dan sebailknya ketika kita memberi batasan pada hati, semua masukan dan kritikan tersebut akan terasa seperti batu besar yang menimpuk kepala kita. Akan terasa sangat sakit sekali, dan masalah tetap tidak terselesaikan. Ketika kita berhasil menerapkan hal tersebut, dan masalah bisa diselesaikan. Hal inilah yang  saya yakini sebagai sebuah proses. Proses seorang manusia untuk mulai berfikir dewasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar